LINKS
01
Magazine of SMA Labschool Jakarta
Online Edition

Labs Project 2012-Ethnictology

   Labs Projet kembali menggema di Istora Senayan, 12 Mei 2012 lalu. Seperti tahun-tahun sebelumnya panggung Labs Project bertabur bintang dari berbagai macam genre musik, dari mulai blues sampai metal. 

   Acara yang sudah dipersiapkan selama setahun penuh ini menghadirkan artis-artis papan atas dengan range musik yang luas. Bagi penikmat musikalitas kelas tinggi, Ethictology menyediakan Gugun Blues Shelter, Bagi yang suka ngegalau dengan musik slow, Adera siap menemani, dan Bagi yang mau moshing dan asik-asikan, Burgerkill,revenge,dan The SIGIT siap menghancurkan Istora. Gak sampai situ, bagi yang mau nostalgia dengan lagu-lagu lama, ada Sheila On7 yang mewarnai panggung Labspro.

   Konsep Labs Project tahun ini adalah Ethnictology, yaitu perpaduan antara etnis, dan teknologi. Etnis disini diambil dari beragam budaya Indonesia yang tentunya sangat bervariasi, dipadupadankan dengan teknologi lighting, laser show, dan konsep glow in the dark.

   Perpaduan tersebut dapat jelas terlihat, salah satunya yaitu megashow dari siswa-siswi SMA Labschool Jakarta. Yang menambahkan unsur batik dari danar hadi untuk Fashion Show, Perkusi yang menampilkan lagu daerah yang dipadupadankan dengan konsep pakaian glow in the dark, Modern dance yang mengambil konsep wayang, dll.

   Untuk menambah kesan Teknologi, Panitia sendiri menyediakan glowing stick secara cuma-cuma untuk para pengunjung agar kerasa konsep glow in the darknya. Laser Show yang gak murah juga menambah kesan futuristic dalam stage.

    Dimulai pukul 13.00 dengan penampilan Band Featuring “Mati Lampu”, bagi yang kangen sama kakak kelas kita dari Labschool, Agam. Setelah itu dihibur dengan musik indie dari Humingbird, Penampilan Energik Protocol Afro, dan sesi pertama ditutup dengan penmpilan fresh dari cewek-cewek cantik(dan 2 cowok) Morgen bis Aben.

   Kembali dibuka setelah istirahat dengan alunan musik ska yang woles dari band yang kembali hadir di LP tahun lalu, Pasukan Lima Jari. Diikuti oleh band cadas Revenge(yang ternyata vokalisnya alumni Labschool), Dilanjutkan dengan Easy Tiger yang tergolong band baru tapi popularitas mereka sudah tidak perlu ditanyakan, dan sesi kedua ditutup dengan lagu-lagu yg “jleb” dari Adera.

   Istora Senayan makin penuh setelah istirahat kedua yang selesai pukul 18.30(Mungkin karena pada nunggu solat maghrib dulu) langsung saja megashow dari SMA Labschool Jakarta “Menggemparkan” seisi Istora, mulai dari Fashion Show dari Batik Danar Hadi, dan Topshop-Topman, Perkusi, Saman dari Danza Trice yang tahun lalu sempat menarik media karena menang di kompetisi Folklore di Cyprus, Modern Dance dari Diva Dance tidak lupa pula Paduan Suara dari Labs Choir. Kejutan terjadi di akhir-akhir megashow, dengan flash mob dari semua siswa Labschool mengajak semua penonton untuk ikut bergerak.

   Setelah itu, band-band kelas berat mulai beraksi dengan durasi masing-masing 45 menit, GBS, Burgerkill, The SIGIT, dan Sheila On7 menggigit semua penonton yang ada di ISTORA Senayan.

Labs Project 2011

Jumat, 17 Juni 2011, gedung Istora Senayan tampak dipenuhi oleh siswa-siswi Labschool yang berkeliaran dengan sibuknya. Mereka terlihat bersemangat menyambut datangnya pembukaan gerbang LABS PROJECT 2011: IMAGINE-NATION WITH AN ACTION FOR A BETTER NATION. Tema yang dipilih tahun ini maksudnya bertujuan agar Kaum muda Indonesia mengembangkan imajinasi mereka untuk masa depan. Acara ini dibuka pada pukul 13.00 wib.

Penampilan diawali oleh band-band seperti HOUSE, NOW, RnF, ARMY OF ANTARTIC, dll, yang menemani penonton yang datang lebih awal ke Istora. Mereka meramaikan Istora  

Penonton semakin ramai, mereka semakin memenuhi area festival saat PASUKAN LIMA JARI membawakan lagu-lagu bergenre reggae seperti Lazy Song, Three Little Bird, dll. Disusul oleh LEGNA yang membawakan lagu-lagu hits mereka yang mengalun bersama para penonton yang ikut bernyanyi.

Setelah break untuk shalat Maghrib, acara dilanjutkan dengan Labs Performance. Acara diawali dengan penampilan Saman Labschool, DANZA, yang memukau para penonton dengan kekompakkan mereka dalam menampilkan tarian saman dengan menggunakan laser. Paduan Suara Labschool yang membawakan Halo-Halo Labscoolku melanjutkan kemeriahan acara. Selepas itu, kehebohan penonton tetap berlanjut dengan adanya fashion show oleh beberapa siswa-siswi Labschool kelas X yang mempesona layaknya seorang model.

Setelah terpesona dengan model-model yang anggun, penonton kembali dihibur dengan dentuman-dentuman berirama dari Labschool Drum Ensamble, atau biasa disebut Perkusi Labschool. Harmonisasi dari berbagai macam alat perkusi menerima banyak tepukan tangan dari penonton. Penampilan para DIVA DANCE crew yang menunujukkan kebolehan mereka dalam dance modern, semakin memanaskan suasana. Penonton terpukau dengan gerakan-gerakan mereka yang gemulai namun penuh tenaga.

Kemeriahan dan antusias penonton tidak berhenti hanya sampai disitu, kehebohan mereka memuncak ketika RAN, memeriahkan panggung dengan hits-hits mereka seperti, TGIF, Pandangan Pertama, Selamat Pagi, dll. Para penonton terutama para wanita berteriak histeris ketika mereka tampil dengan sangat bersemangat.

Setelah lelah berteriak histeris, para wanita bertukar posisi dengan para lelaki. Karena bintang tamu berikutnya adalah NETRAL. Aliran musik mereka yang keras semakin meramaikan suasana. Lagu-lagu mereka seperti Lintang, Susu Cokelat, Garuda di Dadaku, menghiasi Istora saat Netral tampil. Beberapa penonton seringkali melakukan mosing. Begitupula saat SERINGAI hadir menggebrak panggung. Meski sempat terjadi beberapa kerusuhan, tetapi acara tetap berlangsung lancar.

Akhirnya guest star yang paling ditunggu-tunggu tiba. Area festival kembali dipenuhi penonton baik lelaki maupun wanita saat MALIQ & D’ESSENTIAL memeriahkan suasana LabsPro’11. Semua penonton ikut menyanyikan lagu-lagu yang dibawakan Maliq seperti Terdiam, Pilihanku, Terlalu, dll. Bisa dibilang kemeriahan penonton memuncak saat Maliq & D’essential tampil.

Semua awal, pasti ada akhir. Setiap pertemuan pasti ada perpisahan. Begitu pula dengan LabsProject 2011. Di penghujung acara, penampilan The S.I.G.I.T yang mengaggumkan membuat para penoton puas dengan LABS PROJECT 2011: IMAGINE-NATION